Selasa, 29 Maret 2011

Nusa Tenggara Timur

Sumber Mata Air Panas Mengeruda yang Mempesona


   


Nusa Tenggara Timur - Sebagai salah satu objek wisata andalan kabupaten Ngada, air panas Mengeruda memang layak menyandang gelar sebagai objek wisata yg patut dikunjungi jika sedang plesiran ke Flores. Di samping pemandangan alamnya yg bagus, tempat ini juga menawarkan tempat pemandian air panas dengan sumber mata air langsung dari lereng gunung.

Dengan debet air yg cukup tinggi, pemandian air panas ini memiliki ciri khas tersendiri yg tidak dimiliki oleh pemandian air panas alami di tempat lain. Sumber mata air berasal dari sebuah kolam dan mengalir ke sungai utama melalui bebatuan yg agak tinggi, sehingga tampak seperti air terjun. Cika sempat berendam di bawah kucuran air yg mengalir dengan cukup deras,airnya hangat dan rasanya seperti dipijat...seketika rasa lelah setelah menempuh perjalanan jauh sirna.

Oya,untuk mencapai tempat ini dari kota Bajawa dapat ditempuh selama kurang lebih 1 jam. Untuk dapat masuk ke area pemandian air panas, Cika cukup membayar tiket masuk hanya Rp 1.000,-/orang dan parkir mobil Rp 1.000,-/mobil. Sangat murah bukan..?!




Pantai Koka, The Next Dream Beach





Nusa Tenggara Timur
 - Daratan Flores tidak henti-hentinya menawarkan pemandangan alam yang eksotis. Di tengah2 petualangan Cika menyusuri keindahan alam Flores, ternyata masih ada satu tempat yang sangat menarik namun sepertinya jarang dijamah manusia (tpi jangan berpikir tempatnya di alam gaib lho ya ). Sebenarnya sudah ada jalan menuju ke tempat ini,namun kurang banyak orang yang mengetahui tempat ini karena jalan masuknya agak kurang terlihat dan papan penunjuk arahnya sudah tidak jelas lagi menunjuk kea rah mana,hehe..


Tpi jangan khawatir,Cika bakal ngasi sedikit petunjuk untuk dapat mencapai lokasi ini. Dengan ditemani oleh seorang sahabat asli putra Flores, Cika memulai perjalanan menuju Pantai Koka, The Dream Beach dari kota Maumere. Dengan menyusuri jalan yang berkelok2 selama hampir 1 jam menuju arah Ende, akhirnya Cika tiba di Kecamatan Paga yang merupakan lokasi pantai ini. Nah, setelah mencapai Paga tinggal tengok2 ke kiri jalan, karena nantinya akan ada papan petunjuk arah menuju pantai. Pada saat nyari papan petunjuk jalan mesti focus, nda boleh lirik2 yg laen (apa coba ??? :p) karena ukuran papannya cukup kecil dan posisinya sudah tidak normal a.k.a mereng kanan kiri. Kalo nda nemu jalan menuju pantai,padahal kepala udah mereng kiri karena kelamaan nyari n tiba2 sudah sampai di gerbang perbatasan kota Maumere – Ende, itu artinya jalan menuju pantai udah lewat. Tpi jangan khawatir, lewatnya ga jauh ko, coba deh telusuri lagi jalan yg dilalui sebelumnya sambil nanya2 ke warga setempat, pasti deh ketemu.

Kalo udah nemu jalannya, berarti kurang lagi beberapa menit lagi temen2 bakal melihat pemandangan yang sangat indah dan menawan. Dengan hamparan pantai putih bersih dan birunya laut sangat menyejukkan dan menenangkan hati. Dari jalan utama, tinggal menelusuri jalan kecil selama kurang lebih 15 menit. Berhubung jalannya cukup kecil dan kondisinya kurang bagus, Cika saranin sebaiknya kesini naek sepeda motor, ato kalopun menggunakan mobil parkirnya di jalan utama saja trus jalan kaki. Tpi kalo udh yg mahir naek mobil n males jalan kaki, nda papa si naek mobil, cuman ya gitu kalo seandainya ada mobil papas an dari arah berlawanan mesti nyari tempat yg kosong biar mobilnya bisa lewat

Begitu sampai di Pantai Koka, hamparan pasir putih dan birunya laut sudah menyapa Cika dan seolah2 memanggil untuk menikmati keindahan yang ada. Tidak menyia2kan waktu, Cika langsung mengambil kamera Canon Powershoot kesayangan (kamera satu2nya si,hehe) untuk mengabadikan keajaiban alam yang sangat mempesona ini. Rasanya tidak cukup kalo hanya poto2 saja, mesti merasakan juga lembutnya belaian ombak Pantai Koka. Tapi kalo mau berenang disini paling ngga mesti sudah bisa berenang, coz ombaknya cukup besar, bahkan waktu Cika berenang tinggi ombak bisa mencapai 1,5 meter. Cucok banget buat yg hobi surfing.

Menikmati keindahan alam Pantai Koka seperti tiada habisnya, sayangnya keindahan ini belum dimanfaatkan secara optimal. Dalam bayangan Cika, seandainya jalannya diperlebar dan diperbaiki, papan petunjuk arah dibuat dengan design menarik dan permanen, ada fasilitas hotel/cottage, restaurant di pesisir pantai tentunya akan menambah pesona pantai ini. Apalagi ditambah dengan promosi wisata yang gencar ke mancanegara pasti akan semakin banyak wisatawan yang berminat untuk mengunjunjungi Pantai Koka dan tempat2 menarik lainnya di Flores.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar